Ciptakan Kader Hizbul Wathan Yang KompetenPontren Kauman Laksanakan Orientasi Kepanduan

Padangpanjang, HUMAS-Pondok Pesantren Kauman mUhammadiyah Padang Panjang laksanakan orientasi gerakan kepanduan Hizbul Wathan Kwarda PABASKO pada Sabtu, 07 Oktober 2023.

Ketua Kwarda PABASKO, Yuhaldi, M.Pd, mengatakan “Saya berterima kasih kepada pimpinan pondok pesantren Kauman yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini bisa menggerakkanHW di daerah PASBASKO khususnya di Kauman,” ujar Yuhaldi.

Kemudian, Mudir Kauman, Dr. Derliana, MA dalam sambutannya, “Sejatinya bagaimana organisasi otonom di Muhammadiyah seyogyanya bersal dari Ponpes Kauman. Tidak hanya di Hizbul Wathan tapi kami berharap di Aisyiyah juga bergerak dalam membangun Nasyiyatul Aisyiyah PABSKO,” ucap Derli.

Ia menambahkan, “Alhadulillah, kita sebenarnya ingin mengangkat HW dan hanya tinggal revitalisasi agar lebih maju kedepannya. Dan saya juga ingin guru-guru Kauman juga mengikuti kegiatan Jaya Melati 1 dan 2 serta memakai seragam HW. Maka peluang bagi kita untuk mengangkat HW di kehidupan kita sehari-hari terutama di pondok pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang,” tambah Derli.

Sementara itu, Wakil ketua HW Sumatera Barat, Dr. Ilham, S.Pd.I., MA, menyampaikan dalam materinya “Lahirnya HW mulai pada tahun 1918 yang dinisiasi KH. H. Ahmad Dahlan, dimana dikukuhkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada 18 November 1999 M. Zaman dahulu tokoh yang kita kenal yakni Jenderal Soedirman merupakan kader yang aktif di Hizbul Wathan,” kata Ilham.

Tujuan HW adalah bagaimana menyiapkan dan membina anak, remaja, dan pemuda memiliki akhlak, mental, fisik, berilmu, dan berteknologi serta berakhlakkul karimah sehingga terwujudnya pribadi muslim yang sebenar-benarnya dan siap menjadi kader persyarikatan, umat, dan bangsa.(Ali)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025