BAM Pondok Pesantren Kauman: Efusi Nilai Perjuangan Muhammadiyah Untuk AUM yang Berkemajuan

Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah bukan hanya sebagai amal usaha pendidikan semata, melainkan sebagai tempat mentransfer nilai perjuangan dan pandangan hidup yang selama ini menjadi pedoman hidup Muhammadiyah. 
 
Hal ini disampaikan oleh Mudir Pondok Pesantren, Dr. Derliana, MA pada acara pembukaan Baitul Arqam Muhammadiyah (BAM) Tenaga Pendidik dan Kependidikan Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang. Selasa (19/4).
 
Derliana menjelaskan bahwa Pondok Pesantren haruslah menjadi nilai perjuangan dan pandangan hidup. Sesuai yang tertuang dalam dua pokok pikiran yang bersifat ideologis dan strategis.
 
“Secara ideologis kita mesti tegaskan dasar ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadis, di samping juga dasar yang bersifat pemikiran. Pola pikir yang bersifat strategis memiliki bentuk khittah perjuangan yang bergerak secara dinamis dan mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi,” katanya.
 
Menurut Derliana, kedua pola pikir itu harus menjadi salah satu dasar siapapun yang menjadi tenaga pendidik dan kependidikan di Pondok Pesantren Kauman dalam memperluas dakwah ilmu dan menebar kebermanfaatan. 
 
“Apa yang kita lakukan saat ini adalah bentuk keseriusan Pondok Pesantren dalam memberikan pemahaman terhadap tenaga pendidik dan kependidikan dalam hal pengelolaan Amal Usaha Muhammadiyah. Agar dalam pengelolaannya, sasaran yang kita harapkan dapat kita raih. Tidak hanya dunia tapi akhirat,” ungkapnya.
 
Ditambahkannya bahwa Pondok Pesantren Muhammadiyah memiliki empat fungsi yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025