PONPES KAUMAN PADANG PANJANG MENJADI ACUAN STUDI TIRU YAYASAN SITI KHADIJAH PADANG SIBUSUAK-SUJUNJUNG

Padangpanjnag—Humas– Studi tiru dilaksanakan dengan salah satu tujuan untuk membawa manfaat, meningkatkan sinergi, dan membangun kerja sama antara masing-masing lembaga pelaksana Studi Tiru. 

Oleh karena itu, Yayasan Siti Khadijah Padang Sibusuak, Kabupaten Sijunjung menjadi dasar melaksanakan kunjungan ke Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang pada Kamis, 24 November 2022.

Diikuti oleh oleh 28 tenaga pendidik & kependidikan yang langsung dikepalai oleh bapak Idris, S.Pd., SD., didampingi oleh kepala sekolah masing-masing Lembaga mulai dari TK, SD, dan SMP. Rombongan tiba di Kauman pukul 09.00 WIB dan disambut hangat oleh pimpinan & tim ponpes Kauman Muhammadiyah Padang Panjang.

Acara Studi Tiru dilaksanakan di ruangan majelis guru Kauman langsung dibuka oleh Kepala MTsM Kauman, Ummi Dra. Yuliar, mengatakan bahwa selamat datang kepada Yayasan Siti Khadijah Padang Sibusuak di Ponpes Kauman Muhammadiyah Padang Panjang beserta rombongan.

“Silahkan bapak/ibu mengambil hal-hal yang positif dalam rangka studi tiru di Ponpes Kauman Muhammadiyah Padang Panjang. Dengan terus memacu diri & memotivasi sehingga Ponpes Kauman bisa menjadi rujukan atau objek perbandingan dilingkungan Sumbar & Nasional.”

Ditambahkannya, adapun point-point yang harus dilakukan jika sebuah lembaga menjadi sukses, yang pertama kita harus memiliki motivasi diri yang kuat dalam mencapai tujuan yakni tidak hitung-hitung waktu dalam bekerja. Kedua, mencintai profesi kita di bidang masing-masing. Ketiga, membuat program-program yang menunjang kemajuan pondok pesantren, & terakhir tetap meluangkan waktu dalam bekerja bahkan sampai karut malam tetapi juga tetap dikonsep dari awal, ujarnya.

Kemudian, dilanjutkan oleh moderator, Ustadz Surya Bunawan, MA., menyampaikan tentang sekilas tentang profil Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang. Mulai dari Buya HAMKA, struktur pimpinan pondok, visi, yel-yel, kegiatan santri, asrama, & pembelajaran ISTEM yang diterapkan dalam pembelajaran berbasis Project, ucapnya.

Kegiatan ini juga diselingi dengan penampilan santri Kauman, yakni Hanifah, kelas IX yang membawakan pidato Bahasa Arab & Cyrila Ghilvana, kelas VIII yang membawakan lagu nasyid. Penampilan santri Kauman seolah merobah suasana kegiatan  studi tiru ini menjadi lebih menarik dan santai.

Sementara itu, pimpinan Yayasan Siti Khadijah Padang Sibusuak, mengatakan terima kasih kepada pimpinan dan civitas akademika Ponpes Kauman Muhammadiyah Padang Panjang yang telah menerima kunjungan kami dalam rangka studi tiru yakni belajar & bersilaturahim disini, ujarnya.

“Kami bangga apa yang didaptkan disini, mulai dari pelayanan, motivasi, dan informasi luar biasa terutama untuk tenaga pendidik Yayasan Siti Khadijah Padang Sibusuak agar lebih termotivasi dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik dengan niat yang lurus & ikhlas sehingga bisa memajukan lembaga kami kedepannya, ungkapnya.

Menutup kegiatan ini, rombongan dari Yayasan Siti Khadijah Padang Sibusuak Bersama pimpinan ponpes Kauman ke ruangan-ruangan, mulai dari labor Biologi, Perpustakaan, Labor Komputer, dan ruangan lain.(AN)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025