Mewarnai Ketaaqwaan; Pontren Kauman Gelar Aksi Berqurban

Padangpanjang, HUMAS — Semangat tak terbendung memenuhi Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang ketika mempersembahkan satu ekor sapi yang sembelih pada Kamis, 29 Juni 2023, mulai pukul 14.00 WIB hingga selesai.

Terletak di Asrama Putri Koto Katiak, tempat ini dipenuhi oleh Tenaga Pendidik/ kependidikan dan santri KAUMAN serta warga sekitar Koto Katiak, Padang Panjang yang saling berbagi tugas dalam proses penyembelihan hewan tersebut. Mulai dari penyembelihan, pemotongan kulit, pemotongan daging, pemotongan tulang, hingga perut, setiap orang memiliki peran penting.

Mudir Pontren Kauman, Dr. Derliana, MA, dengan tulus mengucapkan terima kasih kepada para wali santri yang turut berpartisipasi dalam kegiatan berqurban ini.

“Semangat berqurban adalah semangat berbagi dengan masyarakat sekitar Padang Panjang. Pada hakikatnya, berqurban merupakan langkah dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” ungkapnya dengan penuh keyakinan.

Ketua Panitia, Ustadz Zulfadly, S.Pd berharap, “Dengan kegiatan ini, semoga masyarakat dapat merasakan manfaatnya dan terinspirasi untuk berqurban, serta semoga menjadi pendorong semangat berqurban bagi kaum Muslimin.”

Tradisi berqurban ini telah menjadi sunnah yang dilaksanakan di Pontren Kauman setiap Hari Raya Idul Adha. Tujuan utamanya adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperkuat ketaqwaan. Berqurban merupakan wujud dari sikap keikhlasan dan ketaqwaan kepada Allah.

Sebagaimana yang disampaikan dalam hadis dari Imam Al Hakim dan Al Bazzar yang berasal dari Abu Sa’id, “Seseorang yang berqurban, ketika darah hewan kurban mengalir, dosanya pun ikut tergugurkan.”

Salah satu warga, Ril, dengan penuh syukur mengatakan, “Kami merasa bersyukur dengan adanya kegiatan berqurban di Pontren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang dan kami, sebagai masyarakat, sangat terbantu oleh kebaikan ini,” tuturnya dengan rasa terharu.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025