FUN JELAJAH ALAM GERAKAN KEPANDUAN HIZBUL WATHAN, SANTRI PONTREN KAUMAN PADANG PANJANG

Santri Pondok Pesantren Kauman melaksanakan kegiatan jelajah alam ke desa Gunung Rajo yang berlokasi di Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar pada Sabtu, 27 Agustus 2022.
Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VII dan kelas X. Kegiatan jelajah alam merupakan agenda yang menjadi rutinitas dan bagian dari kegiatan Hizbul Wathan di Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang.
Kegiatan tersebut diikuti oleh Pembina Hizbul Wathan, Majelis Guru, santri yang terdiri dari kelas VII dan kelas X berjumlah 230 santri/i, Asatidz/dzah Pontren Kauman dan kepanitiaan santri berjumlah 48 orang.
Adapun teknis keberangkatan dari Kauman menuju Gunung Rajo pada pukul 08.00 dan sampai ke tujuan pada pukul 08.30.
Semua regu Hizbul Wathan wajib melalui pos-pos yang telah ditetapkan disepanjang jalan jelajah alam. Setelah menyelesaikan atau melalui semua POS, semua peserta berkumpul untuk beristirahat.
Kegiatan ini bertujuan mengukur daya fikir santri tentang berinteraksi dengan alam dan wawasan umum sambil melihat suasana alam sekitar secara langsung dan juga untuk melatih fisik siswa dengan berjalan lumayan jauh.
Alhamdulillah semua kegiatan berjalan dengan lancar, dilanjutkan kembali ke Pondok Pesantren Kauman. Dalam kegiatan jelajah alam tersebut, banyak pelajaran yang bisa diambil bagi anggota Hizbul Wathan, diantaranya mereka mampu beradaptasi dengan alam, bekerja sama, dan menunjukkan kreatifitas anggota pramuka.
Kesan yang dirasakan oleh peserta setelah mengikuti kegiatan ini cukup baik, mereka menginginkan kegiatan jelajah alam sering dilaksanakan untuk menambah wawasan dan keterampilan dalam bidang kehizbul wathanan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Terima kasih telah mengunjungi website kami, silahkan lanjutkan ke chat untuk info PENERIMAAN SANTRI BARU TP. 2024/2025